Subscribe For Free Updates!

We'll not spam mate! We promise.

Saturday 4 May 2013

CARA MEMBUAT DAN MENGGUNAKAN PHOTOSHOP ACTION


Assalammu'alaikum teman-teman ini adalah posting pertama saya semoga ini membantu

Photoshop Action adalah fungsi photoshop yang sangat berguna untuk melakukan pekerjaan relatif atau Berulang, Seperti Resize (Mengubah Ukuran Photo) atau melakukan perubahan warna pada sekelompok Photo Sekaligus. Dengan menggunakan Photoshop Action kita dapat menghemat banyak waktu dengan menghindari pekerjaan sepele yang ber ulang.
            Ambil contoh skenario sederhana. Kita ingin meresize Foto. Maka langkah yang harus kita lakukan ialah sebagai berikut:
1.      Saat Photo sedang terbuka Klik File > Image.
2.      Lalu masukan ukuran yang anda inginkan Misalnya 600px X 400px dengan Resolusi 70.
3.      Lalu Klik OK.
Sepeleh bukan? Coba anda bayangkan jika kita harus melakukan hal yang sepele itu pada 50 foto sekaligus. Di jamin hal yang sepele itu akan banyak menyita waktu anda dan engurangi kecepatan kerja kita.
            Bukan Cuma itu photoshop Action juga dapat di gunakan untuk menyimpan langkah-langkah editing yang berguna misalnya konfersi photo ke black & White, Sepia atau memberi efek tertentu pada Photo dan lain sebagainya.
Berikut sekedar contoh bagaimana kita membuat sebuah photoshop action yang fungsinya cukup simpel. Meresize hoto ke ukuran 450 Pixel.
  •  Buka sembarang photo dengan format JPEG
  • Sekarang Klik WINDOWS > Action Atau dengan Sorcut Alt + F9




  • Akan terbuka panel Action
  • Di panel action klik ikon Create new Action di pojok kanan bawah.




Saat muncul kotak dialog isilah sesuai fungsi Action yang di buat. Ada opsi untuk sorcut ( dalam hal ini saya menggunakan shift + F12 di mana fungsinya ialah kita dapat menggunakan action yang kita buat hanya dengan menekan Shorcut yang telah kita tentukan ini).



  • Klik Icon Record di bawah tombol tersebut akan berubah menjadi Merah yang menandakan photoshop sedang merekam langkah-langkah yang anda lakukan di dalam Action


  • Dengan Record aktif lakukan resize Klik Image > Image Resize, Masukan ukuran yang anda inginkan  dalam contoh ini 450Pixel Lalu Oke


  • Setelah Selesai Klik Icon Record lagi  yang bergambar Kotak maka Record akan berhenti dan Otomatis Photoshop akan menyimpannya. Untuk menggunakannya sihlakan buka photo yang ingin di edit lalu tekan Sorcut yang telah anda buat dalam langkah pembuatan Action di atas di mana dalam contoh saya menggunakan (Shift + F12).

Socializer Widget By Blogger Yard
SOCIALIZE IT →
FOLLOW US →
SHARE IT →

1 comments: